4 Daerah di Riau Sudah Tetapkan Status Siaga Darurat Karhutla


PEKANBARU - Kabupaten Kepulauan Meranti telah menetapkan status siaga darurat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), sehingga dengan demikian sudah ada empat daerah di Riau yang telah menetapkan status yang sama.

Sebelumnya ada tiga kabupaten kota yang sudah duluan menetapkan status siaga darurat Karhutla. Antara lain adalah Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Siak kemudian terbarunya Kepulauan Meranti.

"Iya, yang terbaru baru menetapkan status siaga darurat Karhutla adalah Meranti, jadi total sudah 4 daerah di Riau yang sudah menetapkan status siaga darurat Karhutla," kata Kabid Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Jim Ghofur, di Pekanbaru, Rabu (27/3/2024).

ia mengungkapkan bahwa dalam waktu dekat juga akan menyusul Kabupaten Pelalawan, dimana saat ini sedang dalam pembahasan untuk penempatan status siaga darurat Karhutla.

Sementara untuk update kondisi Karhutla di Riau, saat ini masih ada dua daerah yang masih dalam proses pemadaman diantaranya Dumai dan Meranti. "Karhutla yang masih proses pendinginan ada di Meranti dan Dumai," pungkasnya. (ono)